Kamis, 10 Oktober 2019

Kasus Pemasaran Global Perusahaan IKEA

MAKALAH PEMASARAN GLOBAL

STUDI KASUS PERUSAHAAN IKEA 




Disusun oleh :



Nama                   :  Tania Marsya Putri
NPM                    :  17216293
Kelas                   :  4EA29
Mata Kuliah       :  Manajemen Pemasaran Era Revolusi Industri 4 (Softskill)
                   Dosen                 : Joko Utomo









FAKULTAS EKONOMI JURUSAN MANAJEMEN
UNIVERSITAS GUNADARMA
PTA 2019 / 2020

















KATA PENGANTAR


                                                                     
Assalamualaikum wr.wb

   Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas rahmat-Nya saya dapat menyelesaikan makalah saya yang berjudul “Pemasaran Global Studi Kasus Perusahaan IKEA“. Makalah ini merupakan salah satu tugas yang diberikan dalam mata kuliah Manajemen Pemasaran Era Revolusi Industri 4 (Softskill) . Makalah ini dapat menambah wawasan dan dapat digunakan sebagai pembelajaran bagi pelajar, mahasiswa atau masyarakat yang ingin mengetahui mengenai kasus pemasaran global khususnya tentang IKEA di dalam makalah ini berisi tentang sejarah perusahaan IKEA, alasan IKEA masuk ke Indonesai, tantangan – tantangan IKEA masuk ke Indonesia, konsep IKEA, analisis SWOT, dan strategi perusahaan IKEA.
   Dalam makalah ini saya merasa masih banyak kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang saya miliki.                                    
   Akhir kata, saya sebagai penulis berharap semoga makalah ini dapat berguna dan bermanfaat bagi para pembaca.

Wassalamualaikum wr.wb






Bekasi, 05 Oktober 2019


  


Penyusun













BAB I
PENDAHULUAN



Sejarah Perusahaan IKEA

IKEA adalah sebuah perusahaan ritel perabot untuk rumah dari Swedia. Pada musim dingin 2004, terdapat 202 toko IKEA di 32 negara di berbagai belahan dunia dengan sekitar 20 lagi yang akan dibuka pada 2005.Perusahaan ini didirikan Ingvar Kamprad pada 1943 saat ia berusia 17 tahun yang sekarang sudah menjadi salah satu orang terkaya di dunia. IKEA adalah singkatan dari namanya, Ingvar Kamprad; tempat ia dilahirkan, Elmtaryd; dan desanya, Agunnaryd.ola.
Awalnya, IKEA menjual berbagai barang, dari pulpen, dompet, bingkai foto, hingga jam tangan. Perabotan mulai masuk ke dalam daftar pada 1947 dan IKEA mulai merancang sendiri pada 1955.
Penjualan pada mulanya dilakukan melalui pos dan kemudian sebuah toko dibuka di Älmhult yang kemudian menjadi model toko IKEA untuk selanjutnya. Pada 23 Maret 1963, toko IKEA pertama di luar Swedia dibuka di Asker, dekat Oslo, Norwegia.
Sejak tahun 1997, Ikea telah meningkatkan jumlah toko menjadi 51. Perusahaan ini terdiri dari 165 toko pada bulan Agustus 2003, dan ada rencana untuk membuka 16 toko baru di 2004 dan 2005. Namun, meskipun perusahaan membuka 14 toko baru pada tahun 2003, pertumbuhan penjualan hanya 2,7%, terutama sebagai akibat dari kondisi ekonomi tertekan di seluruh Eropa, wilayah inti bisnis perusahaan. (Pasar Database Informasi Global, 2004).















BAB II
PEMBAHASAN


Alasan-alasan IKEA masuk Indonesia :
1. Memperluas jaringan usaha di benua Asia khususnya Asia Tenggara.
            Saat ini IKEA sudah memiliki jaringan usaha di Malasyia dan Singapura dan IKEA ingin melakukan ekspansi usaha di Indonesia untuk perluas pangsa pasarnya, dengan begitu IKEA memiki jaringan usaha cukup luas di Asia Tenggara.
2. Karena Indonesia telah menjadi negara pasar global.
            Bisnis internasional pun tidak bisa dihindari lagi karena Indonesia telah menjadi negara pasar global, sehingga Indonesia pun tak luput menjadi sasaran perusahaan asing.

Tantangan-tantangan IKEA masuk Indonesia :
1. Perlu usaha khusus untuk menciptakan kepercayaan terhadap produk IKEA di Indonesia. Karena di Indonesia sendiri sudah ada produk lokal yang menguasai pasar Indonesia.
2. Srategi pemasaran disesuaikan dengan karakteristik penduduk Indonesia.

Konsep IKEA
IKEA ditemukan pada sebuah perusahaan furniture dengan harga jual yang sangat rendah. IKEA mempunyai jangkauan pasar yang sangat luas di seluruh dunia. Baik itu di Negara berkembang maupun di Negara maju, dengan konsep penawaran menjual barang furniture dengan harga jual sangat rendah. IKEA adalah perusahaan furnitur kreatif dengan omset $ 10 miliar yang berbasis di Swedia. Dengan lebih dari 230 toko di 23 negara.

Analisis SWOT

Kekuatan  :
1. Produk IKEA dikenal dengan rancangannya yang modern dan kadang terbilang aneh. Salah satu prinsip IKEA adalah mengurangi harga dengan berbagai cara tanpa mengurangi kualitas. Hal ini bisa dilihat di toko-toko IKEA dan di katalognya dalam bentuk pertanyaan seperti "Mengapa IKEA menjualnya tanpa dirakit?" atau "Mengapa IKEA membuat sesuatu dalam jumlah besar?"
2. Toko IKEA kebanyakan berbentuk balok biru yang besar dengan jendela yang minim. Penataannya pun biasanya diatur sedemikian rupa agar pengunjung datang dan masuk ke bagian ruang pamer untuk melihat berbagai produk, kemudian ke market-hall tempat barang-barang kecil, lalu ke gudang untuk mengambil perabot yang akan dibeli dan akhirnya tiba di kasir. Jalur yang dibuat mengarahkan pengunjung untuk melewati seluruh toko dan tersedia pula berbagai jalan pintas yang agak kecil. Biasanya, toko terdiri dari dua lantai dengan ruang pamer (show room) dan market-hall di atas dan gudang di bawah. Selain itu di IKEA store sendiri terdapat pula restoran yang menjual makanan Swedia termasuk Bakso Swedia yang khas.
3. IKEA memiliki merek yang dikenal secara internasional yang kuat menarik kelompok kunci pelanggan demografis.
4. Model bisnis IKEA adalah unik dalam konstruksi dan eksekusi dengan kompetisi langsung.
5. Sukses telah diukir dari nilai harga arsitektur menawarkan kepada pelanggan produk-produk inovatif dan fungsional.
6. Meskipun operasi gudang besar IKEA beroperasi ada tingkat dari pengetahuan khusus dalam bidang produk utama dimana pembelian lebih dipertimbangkan dan memerlukan bantuan seperti instalasi dapur.

Kelemahan :
Sementara merek internasional ada tingkat ketergantungan pada pasar Eropa dengan 90% dari toko yang berbasis di Eropa dan sisanya di seluruh Amerika, Timur Tengah dan Asia.
Walaupun modelnya mempromosikan harga rendah telah diidentifikasi ada tingkat rendah terkait layanan pelanggan, ini menunjukkan ada kebutuhan untuk bekerja pada pelayanan untuk memastikan pengalaman belanja yang lengkap dan memastikan bisnis yang berulang dalam basis pelanggan.
Sebagai reaksi terhadap pergerakan pasar pengembangan E-commerce telah diperlukan untuk bersaing dalam dunia teknologi modern namun ada juga menjadi pertimbangan gerakan ke ritel multi-channel bergerak menjauh dari visi mendasar dari pelanggan bisa melihat dan menyentuh produk.

Peluang :
IKEA bergerak dari International untuk status global melalui pengembangan model Asia dan Eropa Timur.
Produk tradisional untuk IKEA telah memiliki nilai di benak konsumen, harga produk volume rendah tinggi namun pada perjalanannya  ke pertengahan dan titik harga yang lebih tinggi akan melihat kesempatan untuk memindahkan pangkalan demografi dan meningkatkan nilai rata-rata dengan keranjang ketergantungan kurang pada kelompok demografis yang terbatas.
Meskipun terdapat asosiasi-asosiasi negatif dalam pengembangan situs E-commerce IKEA ada peluang terkait untuk mencapai pertumbuhan dan meningkatkan tingkat layanan pelanggan sebagai kemampuan transaksional tambahan akan mengurangi tekanan dari toko untuk tingkat tertentu.

Ancaman :
 Dalam pertumbuhan pasar ritel yang kompetitif pengecer utama mulai mencerminkan model nilai biaya furnitur rendah dikemas datar yang akan berdampak pada daya apung dari IKEA.
 Dengan kekhawatiran ekonomi selama disposable income meningkatnya biaya hidup dan depleting ada ancaman secara keseluruhan kinerja bisnis di Inggris dan pasar Amerika secara khusus.

Strategi Perusahaan IKEA :

1. Produk
Produk IKEA dikenal dengan rancangannya yang modern dan kadang terbilang aneh. Salah satu prinsip IKEA adalah mengurangi harga dengan berbagai cara tanpa mengurangi kualitas.

2. Toko
Toko IKEA kebanyakan berbentuk balok biru yang besar dengan jendela yang minim. Penataannya pun biasanya diatur sedemikian rupa agar pengunjung datang dan masuk ke bagian ruang pamer untuk melihat berbagai produk, kemudian ke market-hall tempat barang-barang kecil, lalu ke gudang untuk mengambil perabot yang akan dibeli dan akhirnya tiba di kasir. Jalur yang dibuat mengarahkan pengunjung untuk melewati seluruh toko dan tersedia pula berbagai jalan pintas yang agak kecil.
Biasanya, toko terdiri dari dua lantai dengan ruang pamer (show room) dan market-hall di atas dan gudang di bawah. Selain itu di IKEA store sendiri terdapat pula restoran yang menjual makanan Swedia termasuk Bakso Swedia yang khas.

3. Mengubah Markas
Sampai September 2001, perusahaan ini berkantor pusat di Denmark tetapi karena masalah seperti koneksi penerbangan miskin, keputusan dibuat untuk pindah Grup manajemen, keuangan dan departemen treasury ke Leiden di Belanda dan seluruh departemen kantor pusat ke Swedia.  Pindah ke Belanda dibenarkan sebagai perusahaan induk Ikea itu sudah memiliki kantor terdaftar di Belanda karena kebijakan pemerintah yang menguntungkan yang menguntungkan perusahaan atas dan di atas negara lain di Eropa, dan Swedia adalah dimana perusahaan berasal.  Swedia juga memainkan peran penting dalam strategi pemasaran Ikea itu.  Strategi Ikea telah membangun reputasinya melalui di-rumah desain furnitur murah, dan sudah termasuk pembentukan operasi distribusi dan manufaktur untuk melengkapi bisnis ritel.  Pergeseran strategi perusahaan telah, untuk sebagian besar, terbukti sangat sukses dan menguntungkan, dan telah memungkinkan perusahaan untuk lebih menyelaraskan diri pada isu-isu di pasar utama di daratan Eropa dan Skandinavia.

4. Harga rendah
Di sinilah IKEA mampu membuat perbedaan nyata. IKEA berkomitmen untuk memiliki hubungan baik dengan pemasok dan dapat membeli quaility baik, desain ekonomis diproduksi yang dibeli dalam jumlah besar untuk menjaga harga turun. Dengan demikian hal ini dapat mengurangi biaya transportasi dan perakitan.

5. Fungsi
Produk IKEA didasarkan pada pendekatan fungsional untuk desain. IKEA desain berarti produk yang menarik, praktis dan mudah digunakan. Mereka tidak memiliki fitur yang tidak perlu, mereka memberikan solusi asli untuk kebutuhan home furnishing khusus dan terbuat dari bahan yang paling cocok untuk tujuan mereka.

 6. Kualitas yang tepat
Kualitas produk harus sesuai untuk penggunaan yang dimaksudkan. Misalnya tidak ada kebutuhan untuk panel belakang mahal di rak buku jika alternatif yang lebih murah melakukan pekerjaan yang baik yang selama rak buku digunakan untuk tujuan itu dimaksudkan untuk. Produk IKEA dikenakan tes ketat untuk memastikan bahwa mereka memenuhi standar keselamatan nasional dan internasional.

 7. Kenyamanan belanja
Toko IKEA menawarkan "segala sesuatu di bawah satu atap", sebagian besar tersedia untuk segera dibawa pulang. IKEA menawarkan layanan di mana Anda membutuhkannya, tetapi memungkinkan pelanggan untuk membuat sebagian besar keputusan sendiri. Ini berarti bahwa kita harus membuatnya mudah untuk memilih produk yang tepat dengan menampilkan mereka dengan benar, menggambarkan mereka secara akurat dan memiliki kebijakan pengembalian sederhana.

8. Hari keluar untuk seluruh keluarga 
IKEA tujuan untuk menjaga pelanggan kami dengan perencanaan untuk kebutuhan mereka. Kita tidak hanya memberikan inspirasi dan ide, tapi kami juga mendorong orang untuk menyentuh, merasakan dan menggunakan produk yang dipamerkan untuk melihat bagaimana mereka akan masuk ke dalam rumah mereka sendiri. Kami memiliki produk baru tiba sepanjang waktu, tema musiman, area bermain untuk anak-anak, acara khusus dan restoran nilai besar keluarga.

9. Swedia IKEA
IKEA kunci pesan semua memiliki akar dalam asal Swedia IKEA. Furnitur Swedia ringan dan segar namun bersahaja. Gaya Swedia menyambut hangat telah menjadi model kesederhanaan, kepraktisan, dan informalitas yang sekarang terkenal dunia.

10. Merek penelitian
Untuk tetap di garis depan perubahan pasar kita perlu penelitian sebanyak pada pelanggan, sektor home furnishing dan pesaing kami, mungkin.  Berbagai bidang riset pasar, laporan dan statistik internal dan eksternal dipertimbangkan ketika merencanakan setiap komunikasi atau kampanye pemasaran.

11.  Inggris departemen pemasaran
 IKEA iklan di Inggris ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran akan merek IKEA dan mengarahkan lalu lintas ke toko.  Beberapa orang menyukai gaya kami yang unik dari iklan ritel, beberapa membencinya, tapi semua orang yang melihat iklan kami memiliki pendapat yang kuat dan kemudian itu menimbulkan percakapan dan perdebatan.  Meskipun memiliki beberapa kampanye televisi yang paling controvertial iklan di Inggris, kami telah meningkatkan kesadaran merek kami, biarkan orang tahu kita beda dengan perusahaan home furnishing lainnya dan penjualan yang paling penting meningkat.  Departemen periklanan mencakup semua aspek dari iklan dan komunikasi merek dari iklan televisi dan sponsor untuk promosi majalah dan radio.  Iklan digunakan untuk mendukung berbagai bidang usaha termasuk kesadaran merek, tema toko, tetes katalog dan pembukaan toko.

12. Ruang majalah
            Ini adalah majalah IKEA Eropa yang tersedia di semua toko di Eropa.  Hal ini juga dikirimkan kepada 150.000 Depan pemegang Kartu IKEA di Inggris.  Ini berisi fitur gaya hidup pada pelanggan IKEA dan bagaimana mereka hidup, berita produk, dan tips dan ide untuk rumah.  Demikian pula untuk katalog, ini diproduksi terpusat, tetapi setiap negara memiliki kontrol dari jumlah halaman untuk berkomunikasi negara mereka pesan tertentu.

13. IKEA Pelayanan Makanan
Restoran IKEA yang penting dalam menyediakan pelanggan kami tempat untuk makan dan bersantai sambil berbelanja.  Ada 3 konsep yang berbeda menawarkan makanan di IKEA toko di Inggris saat ini.  Restoran utama melayani makanan berdasarkan warisan Swedia kami, dengan hidangan tradisional seperti Gravadlax dan bakso dengan nikmat Lingonberry.  Ada juga daerah bistro yang menjual makanan ringan lokal seperti; hot dog di Inggris, baguette di Perancis, dan pizza di Italia. IKEA Swedia pasar pangan juga di setiap toko dan mendorong pelanggan untuk membawa pulang rasa Swedia.  Beragam makanan tradisional Swedia membantu pelanggan memahami asal Swedia kami dan juga hidup sampai janji harga murah kami.

14 . Internet
IKEA.com adalah situs global di mana Anda memiliki gambaran tentang IKEA sebagai sebuah perusahaan.  Dari situs global adalah mungkin untuk mengakses semua situs lokal.  Salah satu tugas utama dari internet adalah untuk menampilkan informasi produk dan ketersediaan yang diperbarui terus-menerus.  Latar belakang informasi tentang perusahaan dan menyimpan informasi juga penting.  Setiap toko juga memiliki ruang mereka sendiri dengan rincian kontak dan arah, peristiwa, penawaran khusus dan informasi lokal.

15. Komunikasi dan desain interior
            Com-in adalah "unik" sumber daya yang bekerja secara aktif untuk mengamankan keunggulan kompetitif kami melalui pengembangan konsep IKEA ritel dan toko sebagai media.  Semua Com-spesialis yang baik dari latar belakang desain interior atau visual merchandising, dan bertanggung jawab untuk presentasi atau produk kami menawarkan menggunakan semua media presentasi kisaran saat ini dan teknik.  Komite, di departemen memberikan inspirasi toko dan vitalitas dan bekerja sama dengan penjualan toko dan tim logictics untuk memastikan pelanggan kami selalu melihat sesuatu yang baru dan menarik, dan ingin kembali lagi dan lagi.

16. Hubungan masyarakat
            Perhatian utama dari fungsi ini adalah untuk melindungi identitas IKEA perusahaan tetapi juga untuk berkomunikasi visi, ide bisnis, nilai merek, konsep dan merek dagang.  Dengan menginformasikan wartawan berita dan informasi dalam IKEA melalui siaran pers, informasi website, distribusi katalog dan peluncuran produk, kami dapat berkomunikasi dengan khalayak yang besar melalui pembaca mereka.

17. Strategi pemasaran
 Sukses Ikea didasarkan pada strategi pemasaran utama yang tetap sama di seluruh dunia, yang meliputi sebuah katalog yang dicetak dalam 17 bahasa, untuk 28 negara, dan penggunaan warna-warna bendera Swedia biru dan kuning di logo Ikea.  Ini dikombinasikan dengan penekanan pada kebebasan dan pilihan pelanggan dalam hal membeli dan mengambil produk rumah, dan harga murah dimaksudkan untuk menciptakan "penjualan" mentalitas di kalangan pelanggan.
Strategi harga yang agresif ditambah, dengan katering jajaran produk yang luas untuk setiap gaya hidup potensial dan tahap kehidupan konsumen, terbaik dapat meringkas resep perusahaan untuk sukses.  Fakta bahwa Ikea menargetkan semua kelompok umur dan rumah tangga membuat sebuah proposisi menarik bagi spektrum yang luas dari konsumen domestik, khususnya di kalangan pasar ritel tertekan, seperti Eropa saat ini.











BAB III
PENUTUP


Kesimpulan :

Sebuah perkembangan yang mantap dari bisnis ritel Ikea tampaknya menjadi fokus bagi perusahaan dalam waktu dekat, dengan strategi tidak mungkin untuk memasukkan ekspansi yang agresif ke wilayah baru, melainkan membangun dan mengembangkan di tua.  (Ikea Inggris, 2005) Namun, beberapa perubahan dapat dilihat dengan perkembangan e-commerce, yang dalam jangka panjang, hal ini mungkin memiliki efek merugikan pada pendapatan dari batu bata dan mortir toko Ikea, tetapi efek positif pada omset untuk perusahaan secara keseluruhan, dan dengan demikian adalah contoh utama bagaimana perusahaan menyelaraskan sendiri untuk mengatasi ancaman kunci untuk toko tradisional.  Konsumen mungkin menemukan belanja internet lebih baik, karena reputasi Ikea berarti bahwa mereka sudah yakin akan kualitas dan pengerjaan dari Ikea produk, yang bertentangan dengan keyakinan sekarang dari Ikea bahwa pelanggan harus bisa merasakan dan memeriksa kualitas produk sebelum membeli .
            Ikea juga telah menerapkan strategi ekspansi berbasis agresif selama beberapa tahun terakhir, meskipun kelemahan pasar konsumen eksternal berarti bahwa pertumbuhan penjualan selama beberapa tahun berikutnya harus tetap relatif sederhana.










DAFTAR PUSTAKA






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar