MAKALAH PEMASARAN GLOBAL
STUDI KASUS PERUSAHAAN IKEA
Disusun oleh :
Nama : Tania Marsya Putri
NPM : 17216293
Kelas : 4EA29
Mata Kuliah : Manajemen Pemasaran Era Revolusi Industri 4 (Softskill)
Dosen : Joko Utomo
FAKULTAS
EKONOMI JURUSAN MANAJEMEN
UNIVERSITAS
GUNADARMA
PTA
2019 / 2020
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum wr.wb
Puji syukur saya panjatkan
kehadirat Allah SWT karena atas rahmat-Nya saya dapat menyelesaikan makalah
saya yang berjudul “Pemasaran Global Studi Kasus Perusahaan IKEA“. Makalah ini
merupakan salah satu tugas yang diberikan dalam mata kuliah Manajemen Pemasaran
Era Revolusi Industri 4 (Softskill) . Makalah ini dapat menambah wawasan dan
dapat digunakan sebagai pembelajaran bagi pelajar, mahasiswa atau masyarakat
yang ingin mengetahui mengenai kasus pemasaran global khususnya tentang IKEA di
dalam makalah ini berisi tentang sejarah perusahaan IKEA, alasan IKEA masuk ke
Indonesai, tantangan – tantangan IKEA masuk ke Indonesia, konsep IKEA, analisis
SWOT, dan strategi perusahaan IKEA.
Dalam makalah ini saya merasa
masih banyak kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat
akan kemampuan yang saya miliki.
Akhir kata, saya sebagai penulis
berharap semoga makalah ini dapat berguna dan bermanfaat bagi para pembaca.
Wassalamualaikum wr.wb
Bekasi, 05 Oktober 2019
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
Sejarah Perusahaan IKEA
IKEA adalah sebuah
perusahaan ritel perabot untuk rumah dari Swedia. Pada musim dingin 2004,
terdapat 202 toko IKEA di 32 negara di berbagai belahan dunia dengan sekitar 20
lagi yang akan dibuka pada 2005.Perusahaan ini didirikan Ingvar Kamprad pada
1943 saat ia berusia 17 tahun yang sekarang sudah menjadi salah satu orang
terkaya di dunia. IKEA adalah singkatan dari namanya, Ingvar Kamprad; tempat ia
dilahirkan, Elmtaryd; dan desanya, Agunnaryd.ola.
Awalnya, IKEA menjual
berbagai barang, dari pulpen, dompet, bingkai foto, hingga jam tangan.
Perabotan mulai masuk ke dalam daftar pada 1947 dan IKEA mulai merancang
sendiri pada 1955.
Penjualan pada mulanya
dilakukan melalui pos dan kemudian sebuah toko dibuka di Älmhult yang kemudian
menjadi model toko IKEA untuk selanjutnya. Pada 23 Maret 1963, toko IKEA
pertama di luar Swedia dibuka di Asker, dekat Oslo, Norwegia.
Sejak tahun 1997, Ikea
telah meningkatkan jumlah toko menjadi 51. Perusahaan ini terdiri dari 165 toko
pada bulan Agustus 2003, dan ada rencana untuk membuka 16 toko baru di 2004 dan
2005. Namun, meskipun perusahaan membuka 14 toko baru pada tahun 2003,
pertumbuhan penjualan hanya 2,7%, terutama sebagai akibat dari kondisi ekonomi
tertekan di seluruh Eropa, wilayah inti bisnis perusahaan. (Pasar Database Informasi
Global, 2004).
BAB
II
PEMBAHASAN
Alasan-alasan
IKEA masuk Indonesia :
1. Memperluas jaringan usaha di benua Asia khususnya
Asia Tenggara.
Saat ini IKEA sudah memiliki jaringan usaha di Malasyia dan Singapura
dan IKEA ingin melakukan ekspansi usaha di Indonesia untuk perluas pangsa
pasarnya, dengan begitu IKEA memiki jaringan usaha cukup luas di Asia Tenggara.
2. Karena Indonesia telah menjadi negara pasar
global.
Bisnis internasional pun tidak bisa dihindari lagi karena Indonesia
telah menjadi negara pasar global, sehingga Indonesia pun tak luput menjadi
sasaran perusahaan asing.
Tantangan-tantangan
IKEA masuk Indonesia :
1. Perlu usaha khusus untuk menciptakan kepercayaan
terhadap produk IKEA di Indonesia. Karena
di Indonesia sendiri sudah ada produk lokal yang menguasai pasar Indonesia.
2. Srategi pemasaran disesuaikan dengan
karakteristik penduduk Indonesia.
Konsep
IKEA
IKEA ditemukan pada sebuah perusahaan furniture
dengan harga jual yang sangat rendah. IKEA mempunyai jangkauan pasar yang
sangat luas di seluruh dunia. Baik itu di Negara berkembang maupun di Negara
maju, dengan konsep penawaran menjual barang furniture dengan harga jual sangat
rendah. IKEA adalah perusahaan furnitur kreatif dengan omset $ 10 miliar yang
berbasis di Swedia. Dengan lebih dari 230 toko di 23 negara.
Analisis
SWOT
Kekuatan :
1. Produk IKEA dikenal dengan rancangannya yang
modern dan kadang terbilang aneh. Salah satu prinsip IKEA adalah mengurangi
harga dengan berbagai cara tanpa mengurangi kualitas. Hal ini bisa dilihat di
toko-toko IKEA dan di katalognya dalam bentuk pertanyaan seperti "Mengapa
IKEA menjualnya tanpa dirakit?" atau "Mengapa IKEA membuat sesuatu
dalam jumlah besar?"
2. Toko IKEA kebanyakan berbentuk balok biru yang
besar dengan jendela yang minim. Penataannya pun biasanya diatur sedemikian
rupa agar pengunjung datang dan masuk ke bagian ruang pamer untuk melihat
berbagai produk, kemudian ke market-hall tempat barang-barang kecil, lalu ke
gudang untuk mengambil perabot yang akan dibeli dan akhirnya tiba di kasir.
Jalur yang dibuat mengarahkan pengunjung untuk melewati seluruh toko dan
tersedia pula berbagai jalan pintas yang agak kecil. Biasanya, toko terdiri
dari dua lantai dengan ruang pamer (show room) dan market-hall di atas dan
gudang di bawah. Selain itu di IKEA store sendiri terdapat pula restoran yang
menjual makanan Swedia termasuk Bakso Swedia yang khas.
3. IKEA memiliki merek yang dikenal secara
internasional yang kuat menarik kelompok kunci pelanggan demografis.
4. Model bisnis IKEA adalah unik dalam konstruksi
dan eksekusi dengan kompetisi langsung.
5. Sukses telah diukir dari nilai harga arsitektur
menawarkan kepada pelanggan produk-produk inovatif dan fungsional.
6. Meskipun operasi gudang besar IKEA beroperasi ada
tingkat dari pengetahuan khusus dalam bidang produk utama dimana pembelian
lebih dipertimbangkan dan memerlukan bantuan seperti instalasi dapur.
Kelemahan
:
Sementara merek
internasional ada tingkat ketergantungan pada pasar Eropa dengan 90% dari toko
yang berbasis di Eropa dan sisanya di seluruh Amerika, Timur Tengah dan Asia.
Walaupun modelnya
mempromosikan harga rendah telah diidentifikasi ada tingkat rendah terkait
layanan pelanggan, ini menunjukkan ada kebutuhan untuk bekerja pada pelayanan
untuk memastikan pengalaman belanja yang lengkap dan memastikan bisnis yang
berulang dalam basis pelanggan.
Sebagai reaksi terhadap
pergerakan pasar pengembangan E-commerce telah diperlukan untuk bersaing dalam
dunia teknologi modern namun ada juga menjadi pertimbangan gerakan ke ritel
multi-channel bergerak menjauh dari visi mendasar dari pelanggan bisa melihat
dan menyentuh produk.
Peluang
:
IKEA bergerak dari
International untuk status global melalui pengembangan model Asia dan Eropa
Timur.
Produk tradisional
untuk IKEA telah memiliki nilai di benak konsumen, harga produk volume rendah
tinggi namun pada perjalanannya ke
pertengahan dan titik harga yang lebih tinggi akan melihat kesempatan untuk
memindahkan pangkalan demografi dan meningkatkan nilai rata-rata dengan
keranjang ketergantungan kurang pada kelompok demografis yang terbatas.
Meskipun terdapat
asosiasi-asosiasi negatif dalam pengembangan situs E-commerce IKEA ada peluang
terkait untuk mencapai pertumbuhan dan meningkatkan tingkat layanan pelanggan
sebagai kemampuan transaksional tambahan akan mengurangi tekanan dari toko
untuk tingkat tertentu.
Ancaman
:
Dalam pertumbuhan pasar ritel yang kompetitif
pengecer utama mulai mencerminkan model nilai biaya furnitur rendah dikemas
datar yang akan berdampak pada daya apung dari IKEA.
Dengan kekhawatiran ekonomi selama disposable
income meningkatnya biaya hidup dan depleting ada ancaman secara keseluruhan
kinerja bisnis di Inggris dan pasar Amerika secara khusus.
Strategi
Perusahaan IKEA :
1.
Produk
Produk IKEA dikenal
dengan rancangannya yang modern dan kadang terbilang aneh. Salah satu prinsip
IKEA adalah mengurangi harga dengan berbagai cara tanpa mengurangi kualitas.
2.
Toko
Toko IKEA kebanyakan
berbentuk balok biru yang besar dengan jendela yang minim. Penataannya pun
biasanya diatur sedemikian rupa agar pengunjung datang dan masuk ke bagian
ruang pamer untuk melihat berbagai produk, kemudian ke market-hall tempat
barang-barang kecil, lalu ke gudang untuk mengambil perabot yang akan dibeli
dan akhirnya tiba di kasir. Jalur yang dibuat mengarahkan pengunjung untuk
melewati seluruh toko dan tersedia pula berbagai jalan pintas yang agak kecil.
Biasanya, toko terdiri
dari dua lantai dengan ruang pamer (show room) dan market-hall di atas dan
gudang di bawah. Selain itu di IKEA store sendiri terdapat pula restoran yang
menjual makanan Swedia termasuk Bakso Swedia yang khas.
3.
Mengubah Markas
Sampai September 2001,
perusahaan ini berkantor pusat di Denmark tetapi karena masalah seperti koneksi
penerbangan miskin, keputusan dibuat untuk pindah Grup manajemen, keuangan dan
departemen treasury ke Leiden di Belanda dan seluruh departemen kantor pusat ke
Swedia. Pindah ke Belanda dibenarkan
sebagai perusahaan induk Ikea itu sudah memiliki kantor terdaftar di Belanda
karena kebijakan pemerintah yang menguntungkan yang menguntungkan perusahaan
atas dan di atas negara lain di Eropa, dan Swedia adalah dimana perusahaan
berasal. Swedia juga memainkan peran
penting dalam strategi pemasaran Ikea itu.
Strategi Ikea telah membangun reputasinya melalui di-rumah desain
furnitur murah, dan sudah termasuk pembentukan operasi distribusi dan
manufaktur untuk melengkapi bisnis ritel.
Pergeseran strategi perusahaan telah, untuk sebagian besar, terbukti
sangat sukses dan menguntungkan, dan telah memungkinkan perusahaan untuk lebih
menyelaraskan diri pada isu-isu di pasar utama di daratan Eropa dan
Skandinavia.
4.
Harga rendah
Di sinilah IKEA mampu
membuat perbedaan nyata. IKEA berkomitmen untuk memiliki hubungan baik dengan
pemasok dan dapat membeli quaility baik, desain ekonomis diproduksi yang dibeli
dalam jumlah besar untuk menjaga harga turun. Dengan demikian hal ini dapat
mengurangi biaya transportasi dan perakitan.
5.
Fungsi
Produk IKEA didasarkan
pada pendekatan fungsional untuk desain. IKEA desain berarti produk yang
menarik, praktis dan mudah digunakan. Mereka tidak memiliki fitur yang tidak
perlu, mereka memberikan solusi asli untuk kebutuhan home furnishing khusus dan
terbuat dari bahan yang paling cocok untuk tujuan mereka.
6. Kualitas yang tepat
Kualitas produk harus
sesuai untuk penggunaan yang dimaksudkan. Misalnya tidak ada kebutuhan untuk
panel belakang mahal di rak buku jika alternatif yang lebih murah melakukan
pekerjaan yang baik yang selama rak buku digunakan untuk tujuan itu dimaksudkan
untuk. Produk IKEA dikenakan tes ketat untuk memastikan bahwa mereka memenuhi
standar keselamatan nasional dan internasional.
7. Kenyamanan belanja
Toko IKEA menawarkan
"segala sesuatu di bawah satu atap", sebagian besar tersedia untuk
segera dibawa pulang. IKEA menawarkan layanan di mana Anda membutuhkannya,
tetapi memungkinkan pelanggan untuk membuat sebagian besar keputusan sendiri.
Ini berarti bahwa kita harus membuatnya mudah untuk memilih produk yang tepat
dengan menampilkan mereka dengan benar, menggambarkan mereka secara akurat dan
memiliki kebijakan pengembalian sederhana.
8.
Hari keluar untuk seluruh keluarga
IKEA tujuan untuk
menjaga pelanggan kami dengan perencanaan untuk kebutuhan mereka. Kita tidak
hanya memberikan inspirasi dan ide, tapi kami juga mendorong orang untuk
menyentuh, merasakan dan menggunakan produk yang dipamerkan untuk melihat
bagaimana mereka akan masuk ke dalam rumah mereka sendiri. Kami memiliki produk
baru tiba sepanjang waktu, tema musiman, area bermain untuk anak-anak, acara
khusus dan restoran nilai besar keluarga.
9.
Swedia IKEA
IKEA kunci pesan semua
memiliki akar dalam asal Swedia IKEA. Furnitur Swedia ringan dan segar namun
bersahaja. Gaya Swedia menyambut hangat telah menjadi model kesederhanaan,
kepraktisan, dan informalitas yang sekarang terkenal dunia.
10.
Merek penelitian
Untuk tetap di garis
depan perubahan pasar kita perlu penelitian sebanyak pada pelanggan, sektor
home furnishing dan pesaing kami, mungkin.
Berbagai bidang riset pasar, laporan dan statistik internal dan
eksternal dipertimbangkan ketika merencanakan setiap komunikasi atau kampanye
pemasaran.
11. Inggris departemen pemasaran
IKEA iklan di Inggris ini dimaksudkan untuk
meningkatkan kesadaran akan merek IKEA dan mengarahkan lalu lintas ke
toko. Beberapa orang menyukai gaya kami
yang unik dari iklan ritel, beberapa membencinya, tapi semua orang yang melihat
iklan kami memiliki pendapat yang kuat dan kemudian itu menimbulkan percakapan
dan perdebatan. Meskipun memiliki
beberapa kampanye televisi yang paling controvertial iklan di Inggris, kami
telah meningkatkan kesadaran merek kami, biarkan orang tahu kita beda dengan
perusahaan home furnishing lainnya dan penjualan yang paling penting
meningkat. Departemen periklanan
mencakup semua aspek dari iklan dan komunikasi merek dari iklan televisi dan
sponsor untuk promosi majalah dan radio.
Iklan digunakan untuk mendukung berbagai bidang usaha termasuk kesadaran
merek, tema toko, tetes katalog dan pembukaan toko.
12.
Ruang majalah
Ini adalah majalah IKEA Eropa yang tersedia di semua toko di Eropa. Hal ini juga dikirimkan kepada 150.000 Depan
pemegang Kartu IKEA di Inggris. Ini
berisi fitur gaya hidup pada pelanggan IKEA dan bagaimana mereka hidup, berita
produk, dan tips dan ide untuk rumah. Demikian
pula untuk katalog, ini diproduksi terpusat, tetapi setiap negara memiliki
kontrol dari jumlah halaman untuk berkomunikasi negara mereka pesan tertentu.
13.
IKEA Pelayanan Makanan
Restoran IKEA yang
penting dalam menyediakan pelanggan kami tempat untuk makan dan bersantai
sambil berbelanja. Ada 3 konsep yang
berbeda menawarkan makanan di IKEA toko di Inggris saat ini. Restoran utama melayani makanan berdasarkan
warisan Swedia kami, dengan hidangan tradisional seperti Gravadlax dan bakso
dengan nikmat Lingonberry. Ada juga
daerah bistro yang menjual makanan ringan lokal seperti; hot dog di Inggris,
baguette di Perancis, dan pizza di Italia. IKEA Swedia pasar pangan juga di
setiap toko dan mendorong pelanggan untuk membawa pulang rasa Swedia. Beragam makanan tradisional Swedia membantu
pelanggan memahami asal Swedia kami dan juga hidup sampai janji harga murah
kami.
14
. Internet
IKEA.com adalah situs
global di mana Anda memiliki gambaran tentang IKEA sebagai sebuah
perusahaan. Dari situs global adalah
mungkin untuk mengakses semua situs lokal.
Salah satu tugas utama dari internet adalah untuk menampilkan informasi
produk dan ketersediaan yang diperbarui terus-menerus. Latar belakang informasi tentang perusahaan
dan menyimpan informasi juga penting.
Setiap toko juga memiliki ruang mereka sendiri dengan rincian kontak dan
arah, peristiwa, penawaran khusus dan informasi lokal.
15.
Komunikasi dan desain interior
Com-in adalah "unik" sumber
daya yang bekerja secara aktif untuk mengamankan keunggulan kompetitif kami
melalui pengembangan konsep IKEA ritel dan toko sebagai media. Semua Com-spesialis yang baik dari latar
belakang desain interior atau visual merchandising, dan bertanggung jawab untuk
presentasi atau produk kami menawarkan menggunakan semua media presentasi
kisaran saat ini dan teknik. Komite, di
departemen memberikan inspirasi toko dan vitalitas dan bekerja sama dengan
penjualan toko dan tim logictics untuk memastikan pelanggan kami selalu melihat
sesuatu yang baru dan menarik, dan ingin kembali lagi dan lagi.
16.
Hubungan masyarakat
Perhatian utama dari fungsi ini adalah untuk melindungi identitas IKEA
perusahaan tetapi juga untuk berkomunikasi visi, ide bisnis, nilai merek,
konsep dan merek dagang. Dengan
menginformasikan wartawan berita dan informasi dalam IKEA melalui siaran pers,
informasi website, distribusi katalog dan peluncuran produk, kami dapat
berkomunikasi dengan khalayak yang besar melalui pembaca mereka.
17.
Strategi pemasaran
Sukses Ikea didasarkan pada strategi pemasaran
utama yang tetap sama di seluruh dunia, yang meliputi sebuah katalog yang
dicetak dalam 17 bahasa, untuk 28 negara, dan penggunaan warna-warna bendera
Swedia biru dan kuning di logo Ikea. Ini
dikombinasikan dengan penekanan pada kebebasan dan pilihan pelanggan dalam hal
membeli dan mengambil produk rumah, dan harga murah dimaksudkan untuk
menciptakan "penjualan" mentalitas di kalangan pelanggan.
Strategi harga yang
agresif ditambah, dengan katering jajaran produk yang luas untuk setiap gaya
hidup potensial dan tahap kehidupan konsumen, terbaik dapat meringkas resep
perusahaan untuk sukses. Fakta bahwa
Ikea menargetkan semua kelompok umur dan rumah tangga membuat sebuah proposisi
menarik bagi spektrum yang luas dari konsumen domestik, khususnya di kalangan
pasar ritel tertekan, seperti Eropa saat ini.
BAB
III
PENUTUP
Kesimpulan
:
Sebuah perkembangan
yang mantap dari bisnis ritel Ikea tampaknya menjadi fokus bagi perusahaan
dalam waktu dekat, dengan strategi tidak mungkin untuk memasukkan ekspansi yang
agresif ke wilayah baru, melainkan membangun dan mengembangkan di tua. (Ikea Inggris, 2005) Namun, beberapa
perubahan dapat dilihat dengan perkembangan e-commerce, yang dalam jangka
panjang, hal ini mungkin memiliki efek merugikan pada pendapatan dari batu bata
dan mortir toko Ikea, tetapi efek positif pada omset untuk perusahaan secara
keseluruhan, dan dengan demikian adalah contoh utama bagaimana perusahaan
menyelaraskan sendiri untuk mengatasi ancaman kunci untuk toko
tradisional. Konsumen mungkin menemukan
belanja internet lebih baik, karena reputasi Ikea berarti bahwa mereka sudah
yakin akan kualitas dan pengerjaan dari Ikea produk, yang bertentangan dengan
keyakinan sekarang dari Ikea bahwa pelanggan harus bisa merasakan dan memeriksa
kualitas produk sebelum membeli .
Ikea juga telah menerapkan strategi ekspansi berbasis agresif selama
beberapa tahun terakhir, meskipun kelemahan pasar konsumen eksternal berarti
bahwa pertumbuhan penjualan selama beberapa tahun berikutnya harus tetap
relatif sederhana.
DAFTAR
PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar